By : Asro Suardi (Asro Sikumbang Minangkabau)

Catatan Perjalanan dan Pengalaman menelusuri/menggali Kekayaan Minangkabau dan Nusantara

Danau singkarak merupakan danau terbesar di Sumatera Barat dan terbesar kedua di Sumatera seteah danau Toba. Danau ini berada di 2 kabupaten, yaitu kabupaten Tanah Datar dan kabupaten Solok. Danau ini diapit rangkaian bukit barisan yang menambah indahnya ketenangan danau singkarak. Selain itu jika kita berada digaris tengah danau singkarak, kita dapat menikmati pesona 4 gunung. Menghadap kearah timur akan terlihat gagah berdiri gugusan gunung Tri Arga2 yaitu Gunung Marapi, Gunung Singgalang dan Gunung Tandikat yang terletak diKabupaten Tanah Datar. Dan ketika menghadap kesebelah Barat akan terlihat Gunung Talang yang terletak di Kabupaten Solok.

gbr.1. Puncak Tri Arga (Gunung Tandikek, Singgalang dan Marapi) terlihat dari sebelah Barat Danau Singkarak

gbr.2.Gunung Talang terlihat disebelah timur Danau Singkarak

Selain itu, wilayah danau singkarak merupakan daerah pemukiman penduduk. Banyak nagari2 – nagari yang berkembang disekitar danau, dengan 2 kultur budaya yaitu kultur budaya Minangkabau daerah Tanah Datar dan Daerah Solok. Sehingga semakin menambah keindahan pesona danau ini. Tumbuh dan berkembangnya penduduk di Danau Singkarak karena danau ini menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat seperti danau – danau lainnya di dunia. Selain bermata pencaharian sebagai nelayan, danau singkarak juga merupakan wilayah yang memberikan tempat untuk mata pencaharian masyarakat di bidang pertanian dan perkebunan (memanfaatkan kaki bukit barisan). Hasil sumber daya alam pertanian dan perkebunan yang terdapat disekitar danau ini adalah Padi, Sawo dan Kuini.

gbr.3 Pemandangan Luas Danau Singkarak

Keunikan danau Singkarak yang menjadi sumber mata pencaharian bagi penduduk adalah danau ini merupakan tempat tinggal spesies endemik. Spesies yang dikenal dengan ikan “Bilih” merupakan spesies endemik khas danau singkarak yang menjadi salah satu kuliner yang menjadi konsumsi dan kebanggaan masyarakat Sumatera Barat. Konon ikan ini hanya hidup di 2 tempat di dunia, yaitu di perairan Amazon dan danau Singkarak. Untuk mendapatkan spesies ini menjadi makanan / lauk pauk tidaklah sulit. Ditepian danau singkarak masyarakat banyak menjual mulai dari yang mentah hingga yang telah digoreng. Selain itu pemasaran juga dilakukan masyarakat ke daerah lain di Sumatera Barat. Karena ikan ini menjadi salah satu lauk pauk favorit di Sumatera Barat.

gbr.4. Bilih Ikan Endemik Penghuni Danau Singkarak

Akses ke Danau Singkarak tidak sulit untuk ditempuh. Danau Singkarak dapat ditempuh 1,5 jam dari Padang via kabupaten/Kota Solok, Sedangkan dari Bandara Internasional Minangkabau, Kabupaten Pariaman via Kota Padang Panjang dapat ditempuh 1,5 jam. Dan dari kota Wisata Bukittinggi dapat ditempuh 30 – 40 Menit. Salah satu sisi danau Singkarak merupakan jalur jalan Nasional yang Sumatera Barat ke arah berbagai provinsi baik arah selatan maupun utara sehingga dapat dilihat jalur ini selalu ramai. Yang juga berdampingan dengan jalur kereta api rute Padang – Padang Panjang – Solok – Sawahlunto. Selain sebagai tujuan wisata, tepian danau juga menjadi seperti Rest Area bagi pengguna salah satu jalur nasional ini.

gbr.5.Peta Danau Singkarak

Begitu melimpahnya potensi danau Singkarak sehingga nama danau Singkarak diabadikan menjadi nama perhelatan olahraga yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Barat dan Indonesia. Yaitu s perhelatan balap sepeda dunia “TOUR DE SINGKARAK” yang menjadi even tahunan kalender wisata Sumatera Barat dan Indonesia. Selain itu Danau Singkarak juga termasuk salah satu dari 15 Danau Prioritas pengembangan daya tarik wisata dan pemberdayaan masyarakat oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Wisata.

gbr.6. Logo Tour De Singkarak

Berkunjung ke Sumatera Barat tidak akan nikmat apabila tidak mengunjungi salah satu danau diSumatera Barat ini. Dengan pesona keragaman suguhan alam, kuliner, dan budaya yang menjadi satu paket untuk menikmati kekayaan alam yang dianugerahkan oleh Tuhan.(***)

Kata Kunci : Danau Singkarak, Bilih, Sumatera Barat, dan Minangkabau

Glosarium :

  1. Tri Arga : Merupakan sebutan untuk Gunung Marapi, Gunung Singgalang dan Gunung Tandikek yang terletak di Sumatera Barat. Gunung Ini saling berdekatan satu sama lain.

  2. Nagari : Desa

Referensi Data :

Catatan Perjalanan Asro Suardi (Asro Sikumbang Minangkabau)

Sumber Foto :

  1. Koleksi foto Asro Sikumbang Minangkabau Photographia

  2. http://andytanmudo.blogspot.com/2011/10/danau-singkarak-unik-indah-dan.html

  3. Khasminang.com

  4. Wikipedia/Tour De Singkarak

  5. Salim.id

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Anak Bangsa Berhasil Temukan 3 Inovasi Baru Soal Plastik Ramah Lingkungan
Anak Bangsa Berhasil Temukan 3 Inovasi Baru Soal Plastik Ramah Lingkungan
Kampanye kebersihan di Indonesia terus ditingkatkan tidak hanya tentang membuang sampah pada tempatnya, namun juga mulai menghindari penggunaan sampah plastik karena dianggap mencemari lingkungan. Sehingga mendorong anak-anak bangsa melalui komunitas yang peduli, melakukan deklarasi Indonesia bebas sampah 2020 yang dilakukan serentak pada 21 Februari yang lalu. Tidak hanya komunitas yang peduli
Kejadian-kejadian yang akan Mengguncang Pariwisata Dunia di 2016. Satu dari Indonesia
Kejadian-kejadian yang akan Mengguncang Pariwisata Dunia di 2016. Satu dari Indonesia
 Untuk para traveler, tahun 2016 menjanjikan rangkaikan kejadian-kejadian di seluruh dunia yang tak hanya menawarkan alasan sempurna untuk kembali berpetualang, namun juga akan mengubah cara kita berpetualang. Mulai dari Pilpres di AS hingga keriuhan Olimpiade Rio (Brazil), ada beberapa events yang akan membuat petualangan kita patut dikenang dan dirayakan...sampai akhir hayat. Inilah
Sentosa, Pekuburan Tionghoa Terluas di Asia Tenggara
Sentosa, Pekuburan Tionghoa Terluas di Asia Tenggara
Di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, di kota ini di setiap sudutnya selalu ada saja bangunan yang menjadi tempat ibadah penganut Kong Hu Cu ini, selain itu banyak pula ditemukan makam-makam orang Tionghoa yang tersebar di berbagai tempat, salah satu yang terkenal dan paling luas adalah Pemakaman Sentosa.
Hore! Pengamatan GMT Dapat Dukungan Koneksi Internet Kecepatan Tinggi
Hore! Pengamatan GMT Dapat Dukungan Koneksi Internet Kecepatan Tinggi
Gegap gempita pada fenomena alam langka berupa Gerhana Matahari Total (GMT) di Indonesia masih terus memanas. Tidak hanya wisatawan yang berbondong-bondong mempersiapkan diri untuk mengamati fenomena ini namun juga para peneliti dari seluruh dunia termasuk dari Indonesia sendiri. Hal ternyata ini memberikan konsekuensi tersendiri dalam hal infrastruktur. Dipastikan, untuk keperluan pengamatan
Kota-kota Plat AG Bakal Punya Bandara?
Kota-kota Plat AG Bakal Punya Bandara?
Pembangunan insfratruktur transportasi masal terus berkembang di berbagai tempat di Indonesia. Bandara sebagai salah satu aspek penting dalam mobilitas masyarakat dengan waktu tempuh yang singkat menjadi sesuatu yang dipandang penting bagi beberapa kota strategis di Indonesia. Tidak terkecuali bagi wilayah eks Karesidenan Kediri yang direncanakan bakal memiliki bandara baru. Pembangunan bandar
Ini Dia Paguyuban Nama Asep se-Dunia
Ini Dia Paguyuban Nama Asep se-Dunia
Lahirnya Paguyuban Asep Dunia (PAD) ini muncul sejak tahun 2008 melalui jejaring sosial, digagas pertama kali oleh Asep Iwan Gunawan yang penasaran dan kemudian membuat sebuah group : "How Many Asep There Are in Facebook?".