Kehebohan akan motor konsep Lotus C0-1 mencapai klimaksnya saat seolah setiap orang membicarakannya. Setiap blog atau majalah kendaraan bermotor seolah berlomba menampilkan gambar rendering motor tersebut dan kita dibuat 'ngiler' dan tak sabar menunggu kapan motor ini bisa mengaspal di jalanan. Sayangnya, seperti kebanyakan konsep yang dibangun oleh produsen-produsen kendaran, kita disuruh menunggu sangat lama karena sang produsen harus melakukan banyak tes, hingga ke detail-detail sebelum motor mulai diproduksi.
Made in Indonesia

Teman-teman kita di Bali ternyata tak mau menunggu selama itu. Bengkel Smoked Garage yang ada di Jl. Kerobokan, Bali memutuskan untuk membangun motor itu sendiri. Proyek kali ini dibangun atas keinginan untuk membuat sesuatu yang berbeda, sekaligus membuktikan kemampuan tim Smoked Garage dan membangun reputasi bengkelnya.  Dengan dirilisnya konsep Lotus Co-1, sang pemilik bengkel, Nicko, mengatakan...inilah saatnya. Nicko mendapatkan dukungan dari seorang anggota Australian Rugby League untuk mewujudkannya.

Setelah melakukan beberapa riset, akhirnya dibelilah Kawasaki ER6N yang dirasa pas dan cocok sebagai platform membangun Lotus Co-1. Saat motornya sampai di bengkel, seluruh anggota tim bergumam..."Beeehhhhff....dari mana harus mulai ya? Mereka punya tugas berat, yakni mengubah motor Kawasaki menjadi motor konsep Lotus.

Setelah kebingungan selesai, dan motor sudah dipreteli..akhirnya diketahuilah tim harus mulai dari mana. Daripada membangun rangka baru dari awal, tim membangunnya dari rangka yang sudah ada. Lumayan pas, dengan menghapus bagian bingkai. Hal ini memungkinkan mereka untuk mempertahankan posisi mesin dan wiring. Seluruh bodiwork dikerjakan dengan tangan secara hati-hati. Singkat kata, pekerjaan ini makan waktu 3 bulan 12 hari dengan anggota tim 7 orang...dan hasilnya...taraaa.

Tentu secara mesin berbeda dengan aslinya (Lotus Co-1) yang bermesin 175bhp KTM RC8R V-twin, tapi mesinnya mampu menghasilkan 85bhp dengan 8500rpm. Lagian, motor keren dan gahar seperti ini kan sebaiknya berjalan pelan agar keindahannya makin terpancar. Hehe

Artikel ini adalah terjemahan dari returnofthecaferacers.com, di hyperlink tersebut kawan semua bisa membaca lebih detail mengenai prosesnya. Jangan ngebut di jalan raya ya.
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Desain Alat Hemodialisis Portable, Dua Mahasiswa UMY Raih Juara Se-ASEAN
Desain Alat Hemodialisis Portable, Dua Mahasiswa UMY Raih Juara Se-ASEAN
Muhammadiyah Yogyakarta Wearable Artificial Kidney yang kemudian disingkat MY-WAK merupakan desain alat hemodialisis (alat cuci darah) yang bentuknya seperti tas pinggang yang bisa dipakai dan dibawa kemana-mana.
Di Indonesia, ada juga Segitiga Bermuda
Di Indonesia, ada juga Segitiga Bermuda
Saya memang sering ke Maluku Utara, mulai dari Ternate hingga Tobelo dan Morotai, sudah saya singgahi. Namun ada yang belum sempat saya kunjungi, dan dari dulu sangat ingin pergi ke sana. Namanya kepulauan Sula. Kepulauan ini adalah wilayah paling selatan propinsi Maluku Utara, sebuah propinsi yang dulu sering
Menapaki Kisah Sang Legenda Jazz. #RIPIrengMaulana
Menapaki Kisah Sang Legenda Jazz. #RIPIrengMaulana
Dunia musik Indonesia kembali berduka. Kini, salah satu musisi terbaiknya, legenda jazz Indonesia, berpulang ke Yang Maha Kuasa. Ireng Maulana, dipanggil di usia senjanya, 71 tahun. Meski telah tiada, musisi pemilik nama lengkap Eugene Lodewijk Willem Maulana ini telah menorehkan pencapaian yang luar biasa di bidang musik jazz. Karyanya pun tentu
Startup-startup terbaik Indonesia
Startup-startup terbaik Indonesia
INFOGRAFIS 24 hours ago
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Tak hanya menyiapkan berbagai fasilitas dan acara untuk wisatawan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara telah menyiapkan sebuah tradisi budaya. Mereka akan menyuguhkan tradisi dolo-dolo kepada para wisatawan mancanegara saat Gerhana Matahari Total (GMT) berlangsung.Dolo-dolo merupakan sebuah tradisi budaya yang biasa dilakukan ketika terjadi gerhana matahari atau
Danau ini Simpan "Buku Sejarah" Iklim Terlengkap di Nusantara
Danau ini Simpan "Buku Sejarah" Iklim Terlengkap di Nusantara
Danau Towuti di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, menyimpan "buku sejarah" iklim terlengkap di Indonesia. "Buku sejarah" itu berupa lapisan-lapisan sedimen yang berada di dasarnya.