Berada di sebuah kota dengan penduduk dan lingkungan yang sehat akan membawa traveler menjadi lebih segar. Inilah 10 kota paling sehat yang ada di Indonesia? Di mana saja ya?

Lingkungan yang sehat, didukung dengan masyarakat yang juga sehat membuat kota-kota ini didaulat menjadi yang tersehat. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI pun mengumpulkan data yang jadi indikasi kota sehat.

Ditengok dari situs resminya, penelitian dilakukan berdasarkan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM). Indeks ini dinilai dari 7 indikator. Yaitu, kesehatan balita, kesehatan reproduksi, pelayanan kesehatan, perilaku kesehatan, penyakit tidak menular, penyakit menular, dan kesehatan lingkungan.

Kemudian untuk bobot, indikator dibagi lagi menjadi 4 unsur. Yaitu, besar dan luas masalah yang ada di masyarakat, dampak terhadap status kesehatan, kecepatan penanganan dan masalah kesehatan yang tak bisa diselesaikan.

Dari model indeks ini dinilailah seluruh kota yang ada di Indonesia. Setelah dihitung, tersebutlah 10 kota yang termasuk paling sehat.

Di posisi pertama ada Gianyar di Bali. Di tahun 2013, kabupaten ini berada di posisi kelima dan di tahun 2014 melesat ke posisi pertama. Posisi kedua masih berasal dari Bali yaitu Denpasar yang turun satu peringkat dari tahun lalu.

Inilah 10 kota paling sehat di Indonesia tahun 2014:

1. Gianyar

2. Denpasar

3. Kediri

4. Tabanan

5. Pekanbaru

6. Madiun

7. Salatiga

8. Bukittinggi

9. Badung

10. Magelang

Nah, jadi sudah tahu kan mau liburan sehat ke mana? Ayo liburan ke 10 kota paling sehat di Indonesia!

(Travel Detik)
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Membangun Konektivitas, Membangun Masa Depan Indonesia Proyek-Proyek Infrastuktur Utama 2015-2019
Membangun Konektivitas, Membangun Masa Depan Indonesia Proyek-Proyek Infrastuktur Utama 2015-2019
INFOGRAFIS 49 minutes ago
Desain Alat Hemodialisis Portable, Dua Mahasiswa UMY Raih Juara Se-ASEAN
Desain Alat Hemodialisis Portable, Dua Mahasiswa UMY Raih Juara Se-ASEAN
Muhammadiyah Yogyakarta Wearable Artificial Kidney yang kemudian disingkat MY-WAK merupakan desain alat hemodialisis (alat cuci darah) yang bentuknya seperti tas pinggang yang bisa dipakai dan dibawa kemana-mana.
Di Indonesia, ada juga Segitiga Bermuda
Di Indonesia, ada juga Segitiga Bermuda
Saya memang sering ke Maluku Utara, mulai dari Ternate hingga Tobelo dan Morotai, sudah saya singgahi. Namun ada yang belum sempat saya kunjungi, dan dari dulu sangat ingin pergi ke sana. Namanya kepulauan Sula. Kepulauan ini adalah wilayah paling selatan propinsi Maluku Utara, sebuah propinsi yang dulu sering
Menapaki Kisah Sang Legenda Jazz. #RIPIrengMaulana
Menapaki Kisah Sang Legenda Jazz. #RIPIrengMaulana
Dunia musik Indonesia kembali berduka. Kini, salah satu musisi terbaiknya, legenda jazz Indonesia, berpulang ke Yang Maha Kuasa. Ireng Maulana, dipanggil di usia senjanya, 71 tahun. Meski telah tiada, musisi pemilik nama lengkap Eugene Lodewijk Willem Maulana ini telah menorehkan pencapaian yang luar biasa di bidang musik jazz. Karyanya pun tentu
Startup-startup terbaik Indonesia
Startup-startup terbaik Indonesia
INFOGRAFIS one day ago
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Tak hanya menyiapkan berbagai fasilitas dan acara untuk wisatawan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara telah menyiapkan sebuah tradisi budaya. Mereka akan menyuguhkan tradisi dolo-dolo kepada para wisatawan mancanegara saat Gerhana Matahari Total (GMT) berlangsung.Dolo-dolo merupakan sebuah tradisi budaya yang biasa dilakukan ketika terjadi gerhana matahari atau