Arek-arek Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 4, Surabaya, menyabet juara dalam Olimpiade Robotika 2015 di Singapura pada 26-28 Maret 2015. Mereka membuat dua robot kategori Rescue Line Primary. Robot pertama yang diberi nama Robofighter memiliki fungsi untuk memindahkan objek dengan sensor line (garis) hitam. Endik Setyawan, guru penanggung jawab robotika di SD ini, mengatakan, robot ini bisa mengikuti garis hitam yang rumit untuk menuju objek sasaran. “Robot ini mencari objek, dan harus melalui rintangan yang cukup rumit sebelum mencapai sasaran objek,” ujar Endik ketika memamerkan robotika muridnya, Senin (30/3/2015).

Objek sasaran robot ini ialah bola yang berdiameter 5 cm. Sedangkan robot dari tim kedua ialah Roborush. Dari segi objek sasaran kedua robot ini tidak ada yang berbeda, namun yang membedakan ialah cara untuk mengambil objek. Roborush mengambil objek dengan cara menjepitkan bola dan memasukkan serta membawanya. Lain halnya dengan Robofighter, yang hanya menjepitkan bola saja.

Bola yang dibawa pada kedua robot ini lalu dibawa ke dalam titik hitam pada area tertentu. Endik menambahkan, kedua robot ini juga bisa digunakan untuk membantu korban bencana alam dan kebakaran. Tentu saja jika skalanya besar.

Ketika diperlombakan di Singapura, kedua robot ini berhasil melintasi garis hitam tanpa kesalahan satu pun.

Selain itu, halangan yang harus dihadapi robot ini ialah sebuah balok yang berukuran panjang 5 cm, lebar 5 cm dan tinggi 10 cm.

sumber (www.tribunnews.com)

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Kejadian-kejadian yang akan Mengguncang Pariwisata Dunia di 2016. Satu dari Indonesia
Kejadian-kejadian yang akan Mengguncang Pariwisata Dunia di 2016. Satu dari Indonesia
 Untuk para traveler, tahun 2016 menjanjikan rangkaikan kejadian-kejadian di seluruh dunia yang tak hanya menawarkan alasan sempurna untuk kembali berpetualang, namun juga akan mengubah cara kita berpetualang. Mulai dari Pilpres di AS hingga keriuhan Olimpiade Rio (Brazil), ada beberapa events yang akan membuat petualangan kita patut dikenang dan dirayakan...sampai akhir hayat. Inilah
Sentosa, Pekuburan Tionghoa Terluas di Asia Tenggara
Sentosa, Pekuburan Tionghoa Terluas di Asia Tenggara
Di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, di kota ini di setiap sudutnya selalu ada saja bangunan yang menjadi tempat ibadah penganut Kong Hu Cu ini, selain itu banyak pula ditemukan makam-makam orang Tionghoa yang tersebar di berbagai tempat, salah satu yang terkenal dan paling luas adalah Pemakaman Sentosa.
Hore! Pengamatan GMT Dapat Dukungan Koneksi Internet Kecepatan Tinggi
Hore! Pengamatan GMT Dapat Dukungan Koneksi Internet Kecepatan Tinggi
Gegap gempita pada fenomena alam langka berupa Gerhana Matahari Total (GMT) di Indonesia masih terus memanas. Tidak hanya wisatawan yang berbondong-bondong mempersiapkan diri untuk mengamati fenomena ini namun juga para peneliti dari seluruh dunia termasuk dari Indonesia sendiri. Hal ternyata ini memberikan konsekuensi tersendiri dalam hal infrastruktur. Dipastikan, untuk keperluan pengamatan
Kota-kota Plat AG Bakal Punya Bandara?
Kota-kota Plat AG Bakal Punya Bandara?
Pembangunan insfratruktur transportasi masal terus berkembang di berbagai tempat di Indonesia. Bandara sebagai salah satu aspek penting dalam mobilitas masyarakat dengan waktu tempuh yang singkat menjadi sesuatu yang dipandang penting bagi beberapa kota strategis di Indonesia. Tidak terkecuali bagi wilayah eks Karesidenan Kediri yang direncanakan bakal memiliki bandara baru. Pembangunan bandar
Ini Dia Paguyuban Nama Asep se-Dunia
Ini Dia Paguyuban Nama Asep se-Dunia
Lahirnya Paguyuban Asep Dunia (PAD) ini muncul sejak tahun 2008 melalui jejaring sosial, digagas pertama kali oleh Asep Iwan Gunawan yang penasaran dan kemudian membuat sebuah group : "How Many Asep There Are in Facebook?".
Tunnel Aquarium Pulau Putri
Tunnel Aquarium Pulau Putri
Kepulauan Seribu merupakan gugusan kepulauan yang terletak di sebelah utara Jakarta, tepat berhadapan dengan teluk Jakarta. Kepulauan Seribu tidak hanya memiliki keindahan bawah air, tetapi juga memiliki potensi wisata sejarah yang tidak kurang menariknya bila dikemas dengan baik. Dengan pengembangan pariwisata sejarah dan budaya, Kepulauan Seribu akan mampu menjadi daerah