Torus Tri Sanghana adalah kakek berbadan tegap dengan sorot mata tajam. Dia sedang menikmati beberapa coklat hitam dengan teh hangat saat beberapa pelanggan datang di kedai miliknya. Pria bernama asli Tee San Hiong ini merupakan pemilik kedai Es Krim Domino. Sebuah kedai makanan yang memfokuskan diri dalam panganan eskrim. Kedai ini sendiri sudah ada sejak 57 tahun lalu.

“Warung ini mama saya yang bikin. Saya hanya meneruskan saja,” kata Torus, begitu dia disapa, sambil menyesap segelas teh pahit.

Jember, Jawa Timur, sepanjang hari itu diterpa hujan sedari pagi. Namun menjelang malam hujan melimpah berganti rintik yang lelah. Torus duduk sendirian sambil menjaga kedai es krim Domino. Meski sudah berusia 90 tahun kakek ini tak mau diam dan membebani anak-anaknya. Setiap hari dia masih mengolah susu untuk dibuat es krim. Dia bercanda, bahwa meski usianya sudah menginjak sembilan puluh tahun, tapi jiwanya masih dua puluh tahun.

Kedai yang dibangun oleh Un Hwa Nio ini awalnya dibangun di toko Robinson yang kini menjadi toko karpet. Seiring berjalannya waktu, Torus memutuskan untuk memindahkan kedai miliknya di dekat warung soto Dahlok.

“Selain jual es krim, mama juga bikin roti untuk Belanda dulu. Kini yang warisi adik saya (Tee San Tiong) di toko dekat Robinson itu,” jelas Torus.

Tee San Tiong atau Santoso Tirtawidjaja merupakan adik kandung Torus. Di usianya yang menginjak 75 tahun, dia masih turun tangan dalam pembuatan roti secara tradisional.

“Kami masih jaga kualitas dari dulu. Tidak pakai pengawet buatan dan tak pakai bahan kimia,” jelas Santoso.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Torus dalam pembuatan eskrim sehingga memiliki reputasi yang sangat terjaga.

Untuk membuat adonan es krim, dia mengolah susu telur dengan kualitas terjamin. Susu yang dipilih harus susu yang benar-benar segar dan baru diperas hari itu. Susu memang menjadi bahan utama es krim yang akan mempengaruhi kualitas rasa. Dan bagi Torus, lebih baik kedainya tutup dan tak membuat es krim kalau susu segar tak ada. Dia tak mau ambil resiko atas turunnya kualitas.

Konsistensi Torus ini membuahkan hasil yang membanggakan. Pada 1990, warung es krim Domino mendapatkan penghargaan dari Wali Kota Jember saat itu, R. AM Goenawan, sebagai restoran terbersih tahun itu. Juga mendapatkan penghargaan sebagai restoran dengan sanitasi yang memuaskan.

“Kalau warung kita kotor, pelanggan akan kabur. Kalau bersih dan nyaman, pelanggan pasti puas,” jelas Torus.

Kualitas dan kenikmatan es krim Domino tak berarti membuat warung ini menjadi ekslusif dan mahal. Malahan, untuk ukuran sebuah warung yang legendaris dan bertahan lebih dari lima abad, es krim Domino terbilang sangat murah – meski tidak murahan. Harga es krim yang dijual oleh Torus berkisar antara empat ribu rupiah sampai lima belas ribu rupiah. Harga ini membuat es krimnya dapat dinikmati oleh siapa saja.

Banyak keluarga di Jember memiliki kenangan dengan es krim Domino. Rentang waktu buka es krim Domino memang sudah melewati banyak generasi. Salah satunya adalah Fatatati Nurdiana, gadis kelahiran Jember yang menjadi desainer di Jakarta.

“Es krim Domino ini punya kenangan personal dengan keluarga saya, dengan almarhum ayah saya. Rasanya dari dulu sampai sekarang tetap enak,” kata Fatatati.

Berkembangnya zaman telah membuat es krim domino melakukan perubahan dan modifikasi dalam proses rasa dan kreatif. Telah dibuat macam-macam rasa es krim baru dan bentuk es krim baru, seperti es krim bentuk cake dan campuran dengan buah.

“Ada masukan dari anak dan mantu. Saya kira itu baik jadinya saya kembangkan sesuai zaman,” kata Torus.

Di Jember ada perusahaan perkebunan negara yang mengembangkan cokelat. Dari situ Torus mendapatkan bahan baku utama cokelat. Dan salah satu es krim favorit di Es Krim Domino adalah es krim cokelat batang. Rasa es krim yang dihasilkan benar-bebar orisinil dan sehat. Dia mengaku tak mau pakai bahan buatan kimia. Baginya, semua harus asli, baik itu cokelat atau stroberi.

Hari itu pemilik es krim Domino mengenang masa lalu. Mengenang bagaimana warung itu menjadi idola para remaja untuk menghabiskan waktu bercengkrama.

“Sekarang anak saya juga bikin cabang di dekat Matahari (Pasar Tanjung). Saya ingin Domino tetap ada,” kata Torus pelan.

Tertangkap sebuah ragu yang tertahan di sana. Sebuah kekawatiran jika eskrim legendaris yang banyak di kenal di mana-mana ini akan hilang ditelan zaman.

Ditulis oleh Arman Dhani | Lenteratimur.com
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Anak Bangsa Berhasil Temukan 3 Inovasi Baru Soal Plastik Ramah Lingkungan
Anak Bangsa Berhasil Temukan 3 Inovasi Baru Soal Plastik Ramah Lingkungan
Kampanye kebersihan di Indonesia terus ditingkatkan tidak hanya tentang membuang sampah pada tempatnya, namun juga mulai menghindari penggunaan sampah plastik karena dianggap mencemari lingkungan. Sehingga mendorong anak-anak bangsa melalui komunitas yang peduli, melakukan deklarasi Indonesia bebas sampah 2020 yang dilakukan serentak pada 21 Februari yang lalu. Tidak hanya komunitas yang peduli
Kejadian-kejadian yang akan Mengguncang Pariwisata Dunia di 2016. Satu dari Indonesia
Kejadian-kejadian yang akan Mengguncang Pariwisata Dunia di 2016. Satu dari Indonesia
 Untuk para traveler, tahun 2016 menjanjikan rangkaikan kejadian-kejadian di seluruh dunia yang tak hanya menawarkan alasan sempurna untuk kembali berpetualang, namun juga akan mengubah cara kita berpetualang. Mulai dari Pilpres di AS hingga keriuhan Olimpiade Rio (Brazil), ada beberapa events yang akan membuat petualangan kita patut dikenang dan dirayakan...sampai akhir hayat. Inilah
Sentosa, Pekuburan Tionghoa Terluas di Asia Tenggara
Sentosa, Pekuburan Tionghoa Terluas di Asia Tenggara
Di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, di kota ini di setiap sudutnya selalu ada saja bangunan yang menjadi tempat ibadah penganut Kong Hu Cu ini, selain itu banyak pula ditemukan makam-makam orang Tionghoa yang tersebar di berbagai tempat, salah satu yang terkenal dan paling luas adalah Pemakaman Sentosa.
Hore! Pengamatan GMT Dapat Dukungan Koneksi Internet Kecepatan Tinggi
Hore! Pengamatan GMT Dapat Dukungan Koneksi Internet Kecepatan Tinggi
Gegap gempita pada fenomena alam langka berupa Gerhana Matahari Total (GMT) di Indonesia masih terus memanas. Tidak hanya wisatawan yang berbondong-bondong mempersiapkan diri untuk mengamati fenomena ini namun juga para peneliti dari seluruh dunia termasuk dari Indonesia sendiri. Hal ternyata ini memberikan konsekuensi tersendiri dalam hal infrastruktur. Dipastikan, untuk keperluan pengamatan
Kota-kota Plat AG Bakal Punya Bandara?
Kota-kota Plat AG Bakal Punya Bandara?
Pembangunan insfratruktur transportasi masal terus berkembang di berbagai tempat di Indonesia. Bandara sebagai salah satu aspek penting dalam mobilitas masyarakat dengan waktu tempuh yang singkat menjadi sesuatu yang dipandang penting bagi beberapa kota strategis di Indonesia. Tidak terkecuali bagi wilayah eks Karesidenan Kediri yang direncanakan bakal memiliki bandara baru. Pembangunan bandar
Ini Dia Paguyuban Nama Asep se-Dunia
Ini Dia Paguyuban Nama Asep se-Dunia
Lahirnya Paguyuban Asep Dunia (PAD) ini muncul sejak tahun 2008 melalui jejaring sosial, digagas pertama kali oleh Asep Iwan Gunawan yang penasaran dan kemudian membuat sebuah group : "How Many Asep There Are in Facebook?".