Siapa sangka, bahasa Indonesia termasuk salah satu bahasa besar dengan jumlah penutur yang cukup banyak di dunia, mengingat jumlah penduduk Indonesia termasuk yang paling banyak, di atas 240 juta jiwa.

Selain bahasa Indonesia juga memiliki suatu keistimewaan. Sebuah penelitian baru yang dilakukan tim peneliti dari University of Vermont, Burlington, Amerika serikat menunjukkan bahasa tanah air masuk peringkat keempat sebagai bahasa paling bahagia di dunia.

Studi yang dipimpin Peter Dodds tersebut dilakukan dengan mengumpulkan 10.000 kata yang paling umum digunakan dalam setiap bahasa. Sumbernya berasal dari Google Books, Twitter, subtitle film, tayangan televisi, dan lirik lagu.

Ribuan kata pada tiap bahasa itu kemudian diberi label positif dan negatif. Misalnya, kata yang masuk positif misalnya 'cinta' dan 'tertawa', sedangkan yang negatif misalnya 'berbohong' dan 'menangis'.

Para ilmuwan tersebut kemudian mengklasifikasikan 10.000 kata pada tiap bahasa itu ke dalam tabel kanan-kiri, yang berisi positif dan negatif.

"Dari penelitian ini, kita juga mencoba menelusuri jejak mendalam kehidupan sosial manusia dalam bahasa," demikian hasil studi tersebut.

Dijelaskan bahwa, secara umum, tim peneliti menemukan bahwa secara keseluruhan, lebih banyak kata di tiap bahasa yang memiliki bias positif.

"Dan bias positif ini sangat tergantung pada frekuensi penggunaan kata," demikian hasil penelitian tentang bahasa dunia tersebut.

Berikut 10 besar bahasa paling bahagia di dunia

1. Spanyol

2. Portugis

3. Inggris

4. Indonesia

5. Prancis

6. Jerman

7. Arab

8. Rusia

9. Korea

10. China

Sumber:

Liputan6.com

Dailymail.co.uk
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Membangun Konektivitas, Membangun Masa Depan Indonesia Proyek-Proyek Infrastuktur Utama 2015-2019
Membangun Konektivitas, Membangun Masa Depan Indonesia Proyek-Proyek Infrastuktur Utama 2015-2019
INFOGRAFIS 2 hours ago
Desain Alat Hemodialisis Portable, Dua Mahasiswa UMY Raih Juara Se-ASEAN
Desain Alat Hemodialisis Portable, Dua Mahasiswa UMY Raih Juara Se-ASEAN
Muhammadiyah Yogyakarta Wearable Artificial Kidney yang kemudian disingkat MY-WAK merupakan desain alat hemodialisis (alat cuci darah) yang bentuknya seperti tas pinggang yang bisa dipakai dan dibawa kemana-mana.
Di Indonesia, ada juga Segitiga Bermuda
Di Indonesia, ada juga Segitiga Bermuda
Saya memang sering ke Maluku Utara, mulai dari Ternate hingga Tobelo dan Morotai, sudah saya singgahi. Namun ada yang belum sempat saya kunjungi, dan dari dulu sangat ingin pergi ke sana. Namanya kepulauan Sula. Kepulauan ini adalah wilayah paling selatan propinsi Maluku Utara, sebuah propinsi yang dulu sering
Menapaki Kisah Sang Legenda Jazz. #RIPIrengMaulana
Menapaki Kisah Sang Legenda Jazz. #RIPIrengMaulana
Dunia musik Indonesia kembali berduka. Kini, salah satu musisi terbaiknya, legenda jazz Indonesia, berpulang ke Yang Maha Kuasa. Ireng Maulana, dipanggil di usia senjanya, 71 tahun. Meski telah tiada, musisi pemilik nama lengkap Eugene Lodewijk Willem Maulana ini telah menorehkan pencapaian yang luar biasa di bidang musik jazz. Karyanya pun tentu
Startup-startup terbaik Indonesia
Startup-startup terbaik Indonesia
INFOGRAFIS one day ago
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Tak hanya menyiapkan berbagai fasilitas dan acara untuk wisatawan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara telah menyiapkan sebuah tradisi budaya. Mereka akan menyuguhkan tradisi dolo-dolo kepada para wisatawan mancanegara saat Gerhana Matahari Total (GMT) berlangsung.Dolo-dolo merupakan sebuah tradisi budaya yang biasa dilakukan ketika terjadi gerhana matahari atau