Kampung Media: Di lereng Rinjani ada keajaiban alam yang menakjubkan, Air terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu. Kedua air terjun ini secara geografis berada di kawasan hutan dan perbukitan yang sama, di lereng Gunung Rinjani tepatnya di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukeliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Kedua air terjun yang dikenal indah dan menyegarkan ini memberikan pandangan yang berbeda. Benang Kelambu menurut banyak pengunjung atau penduduk setempat lebih bagus dan mengesankan ketimbang Air Terjun Benang Stokel.

Air Terjun benang Kelambu letaknya tak jauh dari Benang Stokel. Perjalanan menuju ke Air Terjun Benang kelambu bisa dengan menggunakan sepeda motor atau angkutan ojek yang sudah tersedia di parkiran utama obyek wisata Benang Stokel/Benang Kelambu. Ongkos ojek PP Rp. 20 ribu.

Alternatif lainnya juga bisa dengan berjalan kaki sejauh 4 kilometer, jika senang berpetualang menjelajah hutan sembari menikmati teduhnya alam hutan pegunungan, tidak perlu resah atau khawatir dalam perjalanan, karena disamping kanan-kiri jalan, kedai-kedai kecil penjual berbagai jenis makanan dan minuman sudah tersedia dalam kawasan hutan. Begitu sampai di Air Terjun Benang Stokel, sembari beristirahat, pilihan selanjutnya anda berjalan kaki menaiki bukit dan menelusiri jalan setapak menuju Air Terjun Benang Kelambu.

Sekilas Air Terjun Benang Kelambu. Penghobi wisata alam air terjun yang sangat eksotik dan memiliki panorama alam yang masih alami. Air Terjun Benang Kelambu merupakan salah satu dari beberapa wisata alam air terjun yang sangat menarik untuk dikunjungi. Air Terjun Benang Kelambu ini merupakan tetangga dari Air Terjun Benang Stokel. Letaknya tidak jauh dari Air Terjun Benang Stokel, jaraknya sekitar 1 km atau sekitar 30 menit perjalanan karena letaknya di bagian atas hulu Benang Stokel.

Menuju Benang Kelambu harus berjalan kaki dengan melewati jalan setapak membelah hutan tropis dengan lembah bukit yang terjal, disepanjang perjalanan bisa merasakan dan menghirup udara segar pegunungan yang sejuk serta nuansa alam yang masih sangat alami karena lokasi Benang Kelambu letaknya di tengah-tengah hutan tropis yang hijau. Setelah tiba di lokasi Benang Kelambu, akan melihat betapa keindahan alam mempesona.

Seiring dengan publikasi yang makin bertambah, keberadaan Air Terjun Benang Kelambu banyak diketahui dan dikenal oleh wisatawan dalam negeri maupun wisatawan manca negara. Sebelumnya memang penduduk lokal saja yang tahu akan keberadaan air terjun ini.

Tiba di Benang Kelambu, juga akan memasuki kawasan perkebunan kopi dan coklat dengan udara pegunungan yang sejuk. Dari atas perbukitan terlihat pemandangan tumpahan air terjun yang membangkitkan adrenaline dan sangat menakjubkan.

Aliran air Benang Kelambu ini bersumber langsung dari mata air Danau Segara Anak yang ada di Gunung Rinjani. Berdasarkan namanya, Benang Kelambu ini memang unik karenan aliran airnya yang jatuh dari ketinggian tebing tidak langsung jatuh ke bawah melainkan jatuh ini mengalir melalui celah-celah tanaman-tanaman merambat yang tumbuh lebat di bagian atas tebing dan kemudian jatuh berjajar bagaikan kelambu atau tirai yang menggantung di udara dan membentuk sebuah pemandangan yang sangat mempesona dan menakjubkan, sehingga air terjun ini diberi nama Air Terjun Benang Kelambu.

Aliran air yang jatuh di Benang Kelambu memiliki ketinggian sekitar 35 meter tidak langsung jatuh ke dasar, akan tetapi aliran air tersebut akan jatuh pada tingkatan yang kedua di bagian atas yang berupa sebuah kolam yang terbentuk dari lempengan-lempengan batu cadas, dan setelah melewati beberapa susunan lempengan batu barulah aliran air ini jatuh mencapai kolam yang ada di dasar.

Karena hal inilah yang membuat curahan air yang jatuh tidak terlalu deras dan tidak membuat perih di badan, sehingga sangat cocok digunakan sebagai tempat wisata pemandian sambil menikmati keindahan panorama alam serta menghirup udara pegunungan yang ada disekitar Air Terjun Benang Kelambu ini.

Konon menurut cerita yang diyakini masyarakat setempat bahwa jika anda mandi di Air Terjun Benang Kelambu ini akan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dan juga bisa membuat anda awet muda.

Air yang jatuh menyerupai benang kelambu sangat tipis dan lembut. Gemericik airnya tidak terlalu bergemuruh. Airnya seolah keluar dari rimbunnya tumbuhan. Sebenarnya Air Terjun Benang Kelambu ini berasal dari banyak mata air yang keluar lewat celah tebing, namun karena tebing tertutup tumbuhan rimbun dan hijau terlihat air keluar dari rimbunan tumbuhan. Air terjun ini memiliki 3 tingkat. Paling atas berasal langsung dari mata air dengan ketinggian 30 Meter. Kedua merupakan lanjutan dari tingkat pertama, dengan ketinggian sekitar 10 Meter dan yang terahir memiliki ketinggian hanya 5 Meter. (wardi) - 05

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Tak hanya menyiapkan berbagai fasilitas dan acara untuk wisatawan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara telah menyiapkan sebuah tradisi budaya. Mereka akan menyuguhkan tradisi dolo-dolo kepada para wisatawan mancanegara saat Gerhana Matahari Total (GMT) berlangsung.Dolo-dolo merupakan sebuah tradisi budaya yang biasa dilakukan ketika terjadi gerhana matahari atau
Danau ini Simpan "Buku Sejarah" Iklim Terlengkap di Nusantara
Danau ini Simpan "Buku Sejarah" Iklim Terlengkap di Nusantara
Danau Towuti di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, menyimpan "buku sejarah" iklim terlengkap di Indonesia. "Buku sejarah" itu berupa lapisan-lapisan sedimen yang berada di dasarnya.
Inilah 9 Danau Terbesar Di Indonesia
Inilah 9 Danau Terbesar Di Indonesia
Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air, baik air tawar maupun asin, yang keseluruhan cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Karenanya untuk menentukan ukuran (besarnya) danau perlu memperhatikan paling tidak dua aspek yaitu luas permukaan dan volume air. Jumlah danau di Indonesia mencapai ribuan. Menurut data Kementerian Lingkungan
Inilah Masjid Tertua di Kalimantan Barat yang Indah
Inilah Masjid Tertua di Kalimantan Barat yang Indah
Masjid ini dahulu pernah direnovasi oleh Sultan Muhammad Sjafiuddin II. Lokasi masjid sebelumnya merupakan kediaman Sultan Umar Akamuddin I (1708-1732M) yang kemudian berubah fungsi menjadi sebuah mushola. Inilah Masjid Jami Kesultanan Sambas yang merupakan masjid tertua di Kalimantan Barat. Pemberian nama masjid ini dilakukan oleh Sultan Muhammad Sjafiuddin II. Masjid ini
Sajian Istimewa dari Tanah Rempah
Sajian Istimewa dari Tanah Rempah
Sejak dahulu tanah Maluku terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya. Masyarakat Maluku bahkan pandai untuk memodifikasi atau meracik berbagai ragam kuliner mulai dari makanan hingga minuman dengan bahan dasar rempah. Ragam kuliner tersebut menghasilkan sajian istimewa nan khas yang mampu menggugah selera setiap orang yang mencicipinya.
''Wanita dan Perspektif Keamanan Pangan''
''Wanita dan Perspektif Keamanan Pangan''
Bojonegoro merupakan salah satu penghasil padi terbesar di Indonesia dengan luas pertanian dan perkebunan sekitar 77.263 Ha (35,58% dari total luas wilayah Kab. Bojonegoro). Walaupun seluas 41.213 Ha merupakan lahan kering, pada tahun 2012, Bojonegoro mampu memproduksi sebanyak 803.059,56 ton padi dan sekitar 318.264 ton hasil pertanian dan palawija lainnya, seperti jagung, ubi kayu, ubi jalar, kedelai, kacang tanah dan kacang hijau.