Booming batu giok di tanah air, terutama di Aceh telah banyak menciptakan lapangan pekerjaan baru. Bahkan Gabungan Pecinta Batu Alam (GaPBA) Aceh klaim telah berhasil melahirkan perajin batu giok sebanyak 15 ribu orang di seluruh Aceh.

Ketua GaPBA Aceh, Nasrul Sufi mengatakan, sebanyak 15 ribu anggotanya di seluruh Aceh saat ini telah memiliki penghasilan sendiri. Bahkan mereka sebelumnya menganggur, sekarang sudah memiliki pekerjaan dengan berjualan atau pengrajin asah batu cincin.

"Jadi ada banyak anak muda sekarang sudah terbebas pengaruh narkoba dan sejenisnya, tidak lagi berjualan barang haram itu, mereka justru sekarang sudah ada pendapatan dari jualan batu cincin," kata Nasrul Sufi, Sabtu (28/3) di Banda Aceh.

Katanya, untuk pengasah batu cincin saja mereka bisa mendapatkan Rp 300 ribu per harinya. Belum lagi penjual yang bisa dilakukan di mana pun, tanpa harus ada modal besar atau toko tempat berjualan.

"Mereka itu bisa berjualan di mana saja, terutama banyak terjadi transaksi di warung kopi, jadi warung kopi sekarang di Aceh sudah berubah menjadi pasar giok," terangnya.

Kendati demikian, Nasrul Sufi selalu mengingatkan yang mengambil giok di hutan agar tidak merusak lingkungan. Alangkah bijaknya hanya mengambil batu yang baik dan super, tidak mengambil semua batu yang kemudian terbuang.

"Ambillah batu yang super, jangan semua diambil, percuma nanti terbuang," imbuhnya.

disadur dari merdeka
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Menapaki Kisah Sang Legenda Jazz. #RIPIrengMaulana
Menapaki Kisah Sang Legenda Jazz. #RIPIrengMaulana
Dunia musik Indonesia kembali berduka. Kini, salah satu musisi terbaiknya, legenda jazz Indonesia, berpulang ke Yang Maha Kuasa. Ireng Maulana, dipanggil di usia senjanya, 71 tahun. Meski telah tiada, musisi pemilik nama lengkap Eugene Lodewijk Willem Maulana ini telah menorehkan pencapaian yang luar biasa di bidang musik jazz. Karyanya pun tentu
Startup-startup terbaik Indonesia
Startup-startup terbaik Indonesia
INFOGRAFIS 16 hours ago
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Tak hanya menyiapkan berbagai fasilitas dan acara untuk wisatawan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara telah menyiapkan sebuah tradisi budaya. Mereka akan menyuguhkan tradisi dolo-dolo kepada para wisatawan mancanegara saat Gerhana Matahari Total (GMT) berlangsung.Dolo-dolo merupakan sebuah tradisi budaya yang biasa dilakukan ketika terjadi gerhana matahari atau
Danau ini Simpan "Buku Sejarah" Iklim Terlengkap di Nusantara
Danau ini Simpan "Buku Sejarah" Iklim Terlengkap di Nusantara
Danau Towuti di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, menyimpan "buku sejarah" iklim terlengkap di Indonesia. "Buku sejarah" itu berupa lapisan-lapisan sedimen yang berada di dasarnya.
Inilah 9 Danau Terbesar Di Indonesia
Inilah 9 Danau Terbesar Di Indonesia
Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air, baik air tawar maupun asin, yang keseluruhan cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Karenanya untuk menentukan ukuran (besarnya) danau perlu memperhatikan paling tidak dua aspek yaitu luas permukaan dan volume air. Jumlah danau di Indonesia mencapai ribuan. Menurut data Kementerian Lingkungan
Inilah Masjid Tertua di Kalimantan Barat yang Indah
Inilah Masjid Tertua di Kalimantan Barat yang Indah
Masjid ini dahulu pernah direnovasi oleh Sultan Muhammad Sjafiuddin II. Lokasi masjid sebelumnya merupakan kediaman Sultan Umar Akamuddin I (1708-1732M) yang kemudian berubah fungsi menjadi sebuah mushola. Inilah Masjid Jami Kesultanan Sambas yang merupakan masjid tertua di Kalimantan Barat. Pemberian nama masjid ini dilakukan oleh Sultan Muhammad Sjafiuddin II. Masjid ini