Air soda. Selama ini kita akrab mengenal air ini sebagai hasil karbonasi untuk minuman. Namun, pernahkah Anda mendengar kolam atau pemandian 'air soda'?

Mendengar namanya, membuat penasaran. Membayangkan air soda yang selama ini diminum dijadikan untuk mandi. Di kolam pula. Tentunya membutuhkan beribu-ribu liter air soda untuk memenuhi kolam itu.

Namun, 'kolam soda' itu benar-benar ada. Kolam unik ini terletak di kaki Bukit Parbubu di Sumatera Utara. Kolam itu dijuluki 'Aek Rara'.

Air di kolam ini bukanlah soda buatan manusia. Namun, murni ke luar dari sumber di kaki Bukit Parbubu I, di Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara. Memiliki aroma dan bergelembung menyerupai soda. Meski demikian, rasanya tawar dan tidak lengket di kulit.

Air itu menyembul dari dasar kolam. Gelembung-gelembung udara berhambur dari sumbernya. Menyebar ke seluruh penjuru kolam. Jika kita menyeburkann diri ke kolam, maka gelembung-gelembung itu segera mengelilingi kita. Di sekujur tubuh.

Di jagat ini, konon hanya ada dua kolam yang airnya menyerupai soda. Yang pertama ada di Benua Amerika, tepatnya di Venezuela, dan satunya lagi ada di tanah Tarutung, Tapanuli.

Udara sejuk dan panorama perbukitan yang indah, menjadikan kolam ini sebagai tempat wisata favorit warga. Pengunjung, tidak dipungut biaya sepeser pun untuk menikmati berenang di 'air soda' ini. Namun, para pengunjung diwajibkan mengenakan kaca mata renang agar tak mengalami iritasi pada mata.

(Sumber)

Image: Wikipedia
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Di Indonesia, ada juga Segitiga Bermuda
Di Indonesia, ada juga Segitiga Bermuda
Saya memang sering ke Maluku Utara, mulai dari Ternate hingga Tobelo dan Morotai, sudah saya singgahi. Namun ada yang belum sempat saya kunjungi, dan dari dulu sangat ingin pergi ke sana. Namanya kepulauan Sula. Kepulauan ini adalah wilayah paling selatan propinsi Maluku Utara, sebuah propinsi yang dulu sering
Menapaki Kisah Sang Legenda Jazz. #RIPIrengMaulana
Menapaki Kisah Sang Legenda Jazz. #RIPIrengMaulana
Dunia musik Indonesia kembali berduka. Kini, salah satu musisi terbaiknya, legenda jazz Indonesia, berpulang ke Yang Maha Kuasa. Ireng Maulana, dipanggil di usia senjanya, 71 tahun. Meski telah tiada, musisi pemilik nama lengkap Eugene Lodewijk Willem Maulana ini telah menorehkan pencapaian yang luar biasa di bidang musik jazz. Karyanya pun tentu
Startup-startup terbaik Indonesia
Startup-startup terbaik Indonesia
INFOGRAFIS 19 hours ago
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Tak hanya menyiapkan berbagai fasilitas dan acara untuk wisatawan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara telah menyiapkan sebuah tradisi budaya. Mereka akan menyuguhkan tradisi dolo-dolo kepada para wisatawan mancanegara saat Gerhana Matahari Total (GMT) berlangsung.Dolo-dolo merupakan sebuah tradisi budaya yang biasa dilakukan ketika terjadi gerhana matahari atau
Danau ini Simpan "Buku Sejarah" Iklim Terlengkap di Nusantara
Danau ini Simpan "Buku Sejarah" Iklim Terlengkap di Nusantara
Danau Towuti di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, menyimpan "buku sejarah" iklim terlengkap di Indonesia. "Buku sejarah" itu berupa lapisan-lapisan sedimen yang berada di dasarnya.
Inilah 9 Danau Terbesar Di Indonesia
Inilah 9 Danau Terbesar Di Indonesia
Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air, baik air tawar maupun asin, yang keseluruhan cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Karenanya untuk menentukan ukuran (besarnya) danau perlu memperhatikan paling tidak dua aspek yaitu luas permukaan dan volume air. Jumlah danau di Indonesia mencapai ribuan. Menurut data Kementerian Lingkungan