Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini masuk dalam jajaran 50 pemimpin terbaik dunia versi majalah Fortune. Seperti dilansir dari Fortune.com, Risma masuk ke dalam 50 pemimpin terbaik dunia, sejajar dengan tokoh-tokoh ternama dunia dari berbagai bidang.

CEO Apple Tim Cook menduduki urutan pertama, disusul oleh Presiden European Central Bank Mario Draghi dan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Ada pula nama-nama lain seperti Paus Francis, aktivis gerakan pro-demokrasi Hong Kong Joshua Wong, Direktur FBI James Comey, penyanyi Taylor Swift, pebasket Lebron James, hingga pembawa acara Tonight Show Jimmy Fallon. Selain Risma, Wali Kota Detroit Mike Duggan juga masuk daftar. Risma menempati urutan ke-24. Tepat di atas pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kota Surabaya Muhammad Fikser mengaku baru mengetahui kabar tersebut pada Jumat, 27 Maret 2015. "Pagi ini saya dengar kabar itu. Setelah saya cek, ternyata benar," ujarnya.

Menurut Fikser, prestasi membanggakan berskala internasional ini seharusnya bisa menjadi motivasi bagi masyarakat. Tidak hanya Kota Surabaya, tetapi juga seluruh Indonesia. Apalagi, Risma merupakan satu-satunya wakil Indonesia yang masuk dalam daftar world greatest leaders.

Prestasi itu seolah menyimpan pesan tersirat bahwa anak bangsa juga bisa bersaing dan bersanding dengan sejumlah tokoh dunia. "Semoga ini bisa menginspirasi masyarakat Indonesia dan Surabaya pada khususnya," kata dia.

Fortune adalah media terkemuka yang berbasis di Amerika Serikat. Media yang didirikan Henry Luce pada 1929 ini mengambil segmentasi bisnis global.

Dalam keterangan yang diunggah pada 26 Maret 2015, Fortune menyebutkan bahwa sejak terpilih pada 2010, Risma telah mengubah kota berpenduduk 2,7 juta jiwa menjadi kota metropolis baru di Indonesia yang fokus pada ruang terbuka hijau dan pelestarian lingkungan.

“Kota yang sejak lama dikenal karena polusi dan kemacetan, kini menyuguhkan 11 taman lanskap dan ruang hijau lainnya. Bahkan, dalam beberapa kasus, pemakaman telah meluas dan didesain ulang untuk menyerap lebih banyak air dan mengurangi banjir, sebuah ancaman yang selalu ada di Indonesia,” tulis Fortune.

sumber: tempo
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Di Indonesia, ada juga Segitiga Bermuda
Di Indonesia, ada juga Segitiga Bermuda
Saya memang sering ke Maluku Utara, mulai dari Ternate hingga Tobelo dan Morotai, sudah saya singgahi. Namun ada yang belum sempat saya kunjungi, dan dari dulu sangat ingin pergi ke sana. Namanya kepulauan Sula. Kepulauan ini adalah wilayah paling selatan propinsi Maluku Utara, sebuah propinsi yang dulu sering
Menapaki Kisah Sang Legenda Jazz. #RIPIrengMaulana
Menapaki Kisah Sang Legenda Jazz. #RIPIrengMaulana
Dunia musik Indonesia kembali berduka. Kini, salah satu musisi terbaiknya, legenda jazz Indonesia, berpulang ke Yang Maha Kuasa. Ireng Maulana, dipanggil di usia senjanya, 71 tahun. Meski telah tiada, musisi pemilik nama lengkap Eugene Lodewijk Willem Maulana ini telah menorehkan pencapaian yang luar biasa di bidang musik jazz. Karyanya pun tentu
Startup-startup terbaik Indonesia
Startup-startup terbaik Indonesia
INFOGRAFIS 21 hours ago
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Tak hanya menyiapkan berbagai fasilitas dan acara untuk wisatawan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara telah menyiapkan sebuah tradisi budaya. Mereka akan menyuguhkan tradisi dolo-dolo kepada para wisatawan mancanegara saat Gerhana Matahari Total (GMT) berlangsung.Dolo-dolo merupakan sebuah tradisi budaya yang biasa dilakukan ketika terjadi gerhana matahari atau
Danau ini Simpan "Buku Sejarah" Iklim Terlengkap di Nusantara
Danau ini Simpan "Buku Sejarah" Iklim Terlengkap di Nusantara
Danau Towuti di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, menyimpan "buku sejarah" iklim terlengkap di Indonesia. "Buku sejarah" itu berupa lapisan-lapisan sedimen yang berada di dasarnya.
Inilah 9 Danau Terbesar Di Indonesia
Inilah 9 Danau Terbesar Di Indonesia
Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air, baik air tawar maupun asin, yang keseluruhan cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Karenanya untuk menentukan ukuran (besarnya) danau perlu memperhatikan paling tidak dua aspek yaitu luas permukaan dan volume air. Jumlah danau di Indonesia mencapai ribuan. Menurut data Kementerian Lingkungan