INDONESIA memang tiada duanya soal kuliner. Mungkin tak ada sebuah negara dengan variasi kuliner begiiiiiiitu beragam seperti di Indonesia. Hampir setiap tempat di Indonesia punya kuliner dan jajanan yang khas yang biasanya lebih dari satu. Jajanan-jajanan seperti klepon, gethuk, rengginan, adalah jajanan khas kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di Jawa Barat sendiri...tak terhitung jumlah. Makanan dan jajanan khas Surabaya, akan berbeda dengan Sidoarjo yang letaknya berdampingan, pun dengan Gresik yang juga berdampingan. Jogja dan Solo punya makanan dan jajanan khas, Lombok dan Bali yang dekat pun..amat berbeda kulinernya. Keanekaragaman masakan dan jajanan Indonesia tak lepas dari dua hal, keragaman budaya, dan juga keragaman bahan dan bumbunya. Keduanya adalah DNA Indonesia yang begitu diversed. Dan yang lebih penting, orang Indonesia amat pandai mengolahnya hingga menjadi makanan sedaaaap.

Setuju?

Nah, bukan hanya makanan lezat yang dikreasikan, juga makanan-makanan unik dan kadang "aneh". Sekali lagi, inilah cerminan dari betapa beragamnya negeri ini.

 Berikut beberapa di antara yang dimiliki Indonesia, seperti dipaparkan Arie Parikesit, pemerhati kuliner Indonesia, seperti yang dikutip dari Okezone.com ini:

Kawok
Kawok, kuliner ekstrim dari Manado (foto : www.flickr.com)

Kawok atau tikus hutan, makanan ini disajikan di daerah Sulawesi Utara, tepatnya Kawanua, Manado. Kawok biasanya hidup di hutan dan makan rumput. Di Manado, kawok biasanya dipanggang atau dibuat makanan pedas, seperti rica-rica. Tekstur dagingnya mirip daging kalkun.

Kapurung
Kapurung (foto : food.detik.com)

Kapurung semacam bubur sagu, tapi berbentuk bulat, dengan tambahan sayuran dan seafood, seperti udang, cumi, kerang, ikan tongkol dan ikan tuna. Hidangan ini memakai asam papikala, yang mirip honje atau kecombrang. Makanan asal Makasar ini tidak perlu disantap memakai nasi karena kadar karbohidratnya sudah didapatkan dari kapurung.

Bulung
Bulung (foto by nutrisiuntukbangsa.org)

Bulung merupakan rumput laut yang kandungan gizinya sangat baik, bahkan sering kali dimanfaatkan sebagai produk kecantikan. Makanan ini bisa dijumpai di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali, biasanya dibuat salad, diberi kuah pindang, ataupun diberi taburan kelapa dan kacang-kacangan. Teksturnya renyah yang berasal dari rumput laut.

Ketupat babanci


Sayur Babanci dan Ketupatnya (foto from ink361.com)

Makanan ini sering dijumpai di Jakarta karena merupakan khas Betawi. Bahannya dari kepala sapi; dagingnya diambil lalu dimasak dengan kuah santan dan aneka rempah lokal.

Salah satu rempah yang dipakai adalah temu mangga yang berwarna kuning dan berbentuk rimpang. Dinamakan temu mangga karena aromanya mirip mangga. Makanan ini semacam gulai, tidak ketinggalan diberikan kelapa muda serut dan biasanya dimakan dengan ketupat.

Telur tebu


Telur Tebu (foto by orkidnrose.blogspot.com)

Telur tebu merupakan makanan khas Betawi. Tampilannya semacam lodeh, yang biasanya dihantarakan kepada calon besan atau mertua dan dipakai sebagai kelengkapan melamar, selain dodol dan roti buaya. Kini, telur tebu sulit dicari.

Sayur asem rotan muda

Makanan ini bisa ditemukan di daerah Banjarmasin, diolah benar-benar dari rotan, tetapi rotan muda. Rasanya mirip rebung, teksturnya sangat renyah ketika dimakan, lalu dimasak bersama sayur asem.

Botok tawon
Botok Tawon (foto by arumsekartaji.wordpress.com)

Makanan ini bisa dijumpai di Pulau Jawa, yang dibuat dari sarang tawon masih muda, dan dimasak dengan memakai berbagai bumbu. Kemudian, dibungkus dengan daun pisang dan direbus seperti botok.

Ampiang dadiah

Ampiang dadiah dibuat dari susu kerbau yang dikoagolasi dan diberikan asam dari jeruk nipis. Ini semacam yogurt lalu dimakan dengan ampiang seperti sereal dan diberi gula merah. Jadi, semacam makan yogurt, tapi ini ala Sumatera Barat.

(sumber : okezone.com)
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Inilah Masjid Tertua di Kalimantan Barat yang Indah
Inilah Masjid Tertua di Kalimantan Barat yang Indah
Masjid ini dahulu pernah direnovasi oleh Sultan Muhammad Sjafiuddin II. Lokasi masjid sebelumnya merupakan kediaman Sultan Umar Akamuddin I (1708-1732M) yang kemudian berubah fungsi menjadi sebuah mushola. Inilah Masjid Jami Kesultanan Sambas yang merupakan masjid tertua di Kalimantan Barat. Pemberian nama masjid ini dilakukan oleh Sultan Muhammad Sjafiuddin II. Masjid ini
Sajian Istimewa dari Tanah Rempah
Sajian Istimewa dari Tanah Rempah
Sejak dahulu tanah Maluku terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya. Masyarakat Maluku bahkan pandai untuk memodifikasi atau meracik berbagai ragam kuliner mulai dari makanan hingga minuman dengan bahan dasar rempah. Ragam kuliner tersebut menghasilkan sajian istimewa nan khas yang mampu menggugah selera setiap orang yang mencicipinya.
''Wanita dan Perspektif Keamanan Pangan''
''Wanita dan Perspektif Keamanan Pangan''
Bojonegoro merupakan salah satu penghasil padi terbesar di Indonesia dengan luas pertanian dan perkebunan sekitar 77.263 Ha (35,58% dari total luas wilayah Kab. Bojonegoro). Walaupun seluas 41.213 Ha merupakan lahan kering, pada tahun 2012, Bojonegoro mampu memproduksi sebanyak 803.059,56 ton padi dan sekitar 318.264 ton hasil pertanian dan palawija lainnya, seperti jagung, ubi kayu, ubi jalar, kedelai, kacang tanah dan kacang hijau.
Indonesia Peringkat ke-12 Dunia dengan Jumlah Sarjana Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM) terbanyak
Indonesia Peringkat ke-12 Dunia dengan Jumlah Sarjana Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM) terbanyak
Indonesia menempati urutan ke-12 dalam ranking persentasi sarjana di bidang Science, Technologi, Engineering, Mathematics (STEM) yang disusun oleh Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (Organization for Economic Cooperation and Development, OECD). OECD menyusun rangking 40 negara termaju di dunia berdasarkan persentasi sarjana di bidang STEM terhadap jumlah seluruh lulusan perguruan tinggi
Hebat, 3 Anak Bangsa ini Dapat Penghargaan di Inggris
Hebat, 3 Anak Bangsa ini Dapat Penghargaan di Inggris
Bangga, kabar penghargaan kembali diterima oleh anak-anak bangsa. Kali ini tiga tokoh Indonesia lulusan universitas di Inggris mendapatkan penghargaan sebagai lulusan Inggris terbaik dari pemerintah Inggris melalui British Council dalam Education UK Alumni Award 2016, Kamis malam waktu setempat.  Tiga tokoh tersebut adalah Betty Purwandari, Direktur Teknologi Informasi dari Universitas Indonesia,
Inilah Satu-satunya Wakil Indonesia di Perhelatan Akbar SXSW 2016
Inilah Satu-satunya Wakil Indonesia di Perhelatan Akbar SXSW 2016
Shaggydog, salah satu band ternama dari kota Yogyakarta dipastikan akan tampil di sebuah festival bertajuk The South by Southwest (SXSW) Music Conferences and Festival di bulan Maret 2016.SXSW sendiri merupakan sebuah perhelatan akbar insan musik dan dunia hiburan yang diselenggarakan setiap tahun di Austin, Texas, Amerika Serikat, dimana ada sekitar