Sebanyak 23 kendaraan futuristik dan hemat energi rancangan para mahasiswa Indonesia dari 18 perguruan tinggi hadir di Luneta Park, Manila sejak Rabu (25/2) untuk berkompetisi dengan lebih dari 16 negara di Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Australia.

Kendaraan-kendaraan inovatif tersebut yang diwujudkan dalam berbagai bentuk, warna dan ukuran merupakan cerminan dari kreativitas dan keterampilan teknis mahasiswa.

Tim Mesin Polnep Diesel dari Politeknik Negeri Pontianak, Indonesia menampilkan kendaraan UrbanConcept Diesel besutan mereka yang di-desain menyerupai amfibi, yaitu hewan yang mampu beradaptasi di lingkungan berbeda-beda.

Sedangkan Batavia Generation Team dari Universitas Negeri Jakarta yang mengusung kendaraan kategori prototype membuat piston yang dirancang khusus yang akan menghasilkan pembakaran bahan bakar dengan udara terjadi sempurna.

“Kami juga fokus pada kompresi ruang bakar yang dibuat lebih tinggi hasil dari ‘customized piston’ yang membuat tenaga kendaraan akan lebih tinggi,” kata Manajer Tim UNJ Raden Engineu Dwi Utomo Adidalam rilisnya, Senin (2/3).

Colin Chin, Technical Advisor Shell Eco-marathon Asia menambahkan, prestasi tim mahasiswa dari Indonesia sejak SEMA 2010, terlihat selalu mengalami peningkatan baik dari segi desain, performance, hingga penggunaan efisiensi bahan bakar kendaraan.

“Setiap tahunnya selalu ada tim dari Indonesia yang berhasil menjadi juara, khususnya untuk kategori UrbanConcept,” ujarnya.

Dalam kompetisi Shell Eco-marathon semua kendaraan harus melewati serangkaian tes teknis sebelum mereka diizinkan masuk ke sirkuit kompetisi untuk melihat seberapa jauh kendaraan tersebut bisa melajudengan menggunakan bahan bakar paling sedikit, dan berpotensi mencapai jarak tempuh terjauh dalam kompetisi.

Hingga saat ini, lebih dari 20 tim mahasiswa Indonesia sudah lolos mengikuti serangkaian tek teknis dan siap melaju di sirkuit kompetisi.

Selain penghargaan untuk prestasi di trek, mahasiswa juga berkompetisi untuk mendapatkan enam penghargaan Off-Track yang menguji kreativitas dan keterampilan teknis tim, serta pendekatan mereka untuk keselamatan dan sustainability.

Penghargaan ini adalah dalam kategori berikut: Keselamatan, Komunikasi, Desain Kendaraan, Inovasi Teknis, Ketekunan,Spirit of the Event, dan Shell Helix Tribology Award.

Shell Helix Tribology Award adalah penghargaan kepada tim yang mampu mendemonstrasikan prinsip kerja pelumas mesin yang berdampak pada peningkatan hasil efisiensi bahan bakar dari kendaraan.

(source : Republika.co.id)
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Perhelatan Musik International Java Jazz 2016 Mengangkat Tema Exploring Indonesia
Perhelatan Musik International Java Jazz 2016 Mengangkat Tema Exploring Indonesia
Java Jazz adalah sebuah acara Musik International yang secara brandnya sudah cukup terkenal.Setiap tahunnya acara Java Jazz selalu ada yang Menarik, selain Musisi - musisi dunia yang akan tampil di acara ini, adalagi hal yang paling menarik di acara ini. yaitu bungkus kemasan acaranya yang disebut dengan Tema Acara.Di tahun
Lewat Hijab, Indonesia Tampil di Ajang Fesyen Internasional
Lewat Hijab, Indonesia Tampil di Ajang Fesyen Internasional
Indonesia yang dikenal sebagai negara yang toleran dan memiliki pandangan global saat ini dianggap sebagai negara yang banyak turut mewarnai dunia. Sebagai negara dengan jumlah muslim terbanyak dunia, muslim Indonesia kerap menjadi panutan dunia dalam berbagai hal. Tidak terkecuali dalam hal fesyen, utamanya fesyen hijab.  Sekali lagi, anak bangsa Indonesia mendapatkan
Ini Dia Aplikasi-Aplikasi Andalan Anak Bangsa (I)
Ini Dia Aplikasi-Aplikasi Andalan Anak Bangsa (I)
Aplikasi digital telah menjadi hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Berkat aplikasi juga, berbagai kebutuhan menjadi lebih mudah dan ringkas. Indonesia yang saat ini sedang mengalami bonus demografi dengan jumlah penduduk produktifnya mulai memuncak, membutuhkan inovasi-inovasi baru yang mampu memaksimalkan potensi demografi tersebut. Salah satunya adalah dengan optimaliasi ekosistem
Potensi Kontribusi UKM Tinggi, UKM E-commerce Makin Digarap
Potensi Kontribusi UKM Tinggi, UKM E-commerce Makin Digarap
Saat ini, Menteri Komunikasi dan Informatika akan fokus menggarap pengembangan perdagangan dan transaksi elektronik (e-commerce) pada usaha kecil dan menengah (UKM). "Kita fokus garap UKM, karena potensinya besar," kata Menkominfo Rudiantara di Jakarta, Senin, seusai konferensi pers Indonesia E-Commerce Summit and Expo (IESE).
Heera SKV: Dalam Hidup Selalu Ada yang Bisa Disyukuri
Heera SKV: Dalam Hidup Selalu Ada yang Bisa Disyukuri
Menjadi perempuan bukan alasan untuk tidak berkarya dan berdaya. Itulah prinsip dari Heera SKV, seorang entrepreneur muda yang sukses menjadi Owner & CEO Bursa Sajadah dalam 7 tahun terakhir.Sebagai generasi ke-dua, Heera, begitu ia biasa disapa, membawa Bursa Sajadah sebagai pusat oleh-oleh dan perlengkapan haji/umroh dengan konsep one-stop shopping pertama di Indonesia. Di bawah
Restoran di Bali Ini Masuk Dalam Daftar 50 Restoran Terbaik Se-Asia
Restoran di Bali Ini Masuk Dalam Daftar 50 Restoran Terbaik Se-Asia
Membuka usaha kuliner khususnya dengan konsep restoran tidak pernah mudah. Selain persaingan yang sangat tinggi, setiap restoran juga dituntut mampu untuk memberikan suasana dan kesan baik bagi pelanggan. Upaya yang dilakukan untuk menarik pelanggan tersebut adalah dengan meningkatkan kualitas dan menjaga layanan agar tetap baik. Beberapa lembaga penilaian restoran tingkat