Semenjak demam hiburan Korea melanda dunia, Indonesia juga menjadi salah satu negara yang muda mudinya terkena demam lumayan tinggi. saking tingginya minat para remaja Indonesia terhadap dunia hiburan negara Ginseng itu, Indonesia hampir selalu menjadi tempat berkunjung para Kpop Idols bila mereka mengadakan konser keliling dunia. saya pribadi meyakini bahwa hubungan yang baik antara Indonesia dan Korea dalam bidang hiburan ini juga menjadi faktor pendorong Korea Selatan menambah investasinya di Indonesia. tapi kali ini saya tidak akan membahas hal itu. :)

sebagai seseorang yang gampang merasa bangga terhadap Indonesia, saya sering merasa senang bila saat saya menonton acara hiburan Korea, muncul hal-hal Keindonesiaan. pada artikel kali ini saya akan membahas beberapa hal keIndonesiaan yang pernah saya temukan dalam dunia hiburan Korea. daftar peringkat berikut ini saya susun dimulai dari hal yang paling kecil.

5. Orang Indonesia main Running Man

dalam variety show yang sukses memukau masyarakat Asia ini (termasuk saya), saya sempat menyaksikan setidaknya dua kali perempuan Indonesia ikut masuk ditarik oleh para member dalam salah satu permainan di Running Man di Korea. kenapa saya bisa yakin banget itu orang Indonesia, bukan dari negara tetangga? karena model hijab mereka yang Indonesia banget, beda dengan negara sebelah.

Eps. 186

bintang tamu: CNBLUE

di salah satu lokasi yang merupakan tempat wisata terkenal di Korea, para anggota RM harus mengumpulkan banyak orang untuk menyelesaikan misi mereka. Saat itu, Kim Jong Kook terlihat mengajak salah seorang perempuan berhijab pink untuk ikut menyelesaikan misi. belakangan diketahui perempuan beruntung ini bernama Disty Winata, mahasiswi Indonesia di Vancouver, Kanada yang kebetulan sedang berada di Korea Selatan karena ada acara.

sumber

Eps. 199

Bintang tamu: Park Ji Sung

di saat game pertama ketika PJS sebagai tim kapten harus tetap menendang bola saat anggota lain menyelesaikan misinya mengumpulkan beberapa orang dari rentang usia yang berbeda, Kang Gary mengajak salah seorang perempuan berhijab yang sedang duduk untuk dibawa agar dapat menyukseskan misi.

meski hanya hal kecil, tapi saya lumayan senang melihat ada wajah khas Indonesia dalam TV Korea Selatan. sepertinya hijab para perempuan muda ini sukses membuat mereka jadi unik di mata anggota Running Man.

4. Lokasi shooting We Got Married

Sepanjang penelusuran saya, acara We Got Married telah tiga kali shooting di Indonesia, yang membuktikan bahwa Indonesia telah menjadi destinasi favorit orang Korea untuk berbulan madu. We Got Married merupakan sebuah variety show terkenal di Korea yang memperlihatkan tentang dua artis yang sengaja dipertemukan untuk menjalani kehidupan pernikahan secara virtual. tiga pasangan WGM yang pernah shooting di Indonesia adalah;

2010 : Jo Kwon (2AM) dan Ga In (Brown Eyed Girls) yang shooting di bali.

2012 : Eunjung (T-Ara) dan Lee Jang Woo, yang shooting di Lombok.

2014 : Yura (Girl's Day) dan Hong Jong Hyun. pasangan ini diketahui baru saja bertolak ke Bali dari Seoul tanggal 16 November kemarin.

sumber:

cikal news , wow keren

3. Sandal Swallow Sehun EXO

beberapa bulan lalu Kpopers Indonesia sempat geger saat foto salah satu anggota boyband terkenal jebolan SM Entertainment, Sehun dari EXO, terlihat sedang menggunakan sandal jepit swallow berkaret hijau saat selesai konser di Indonesia. disebut-sebut bahwa Sehun menggunakan sandal jepit khas Indonesia yang murah meriah itu karena jempol kakinya sedang sakit. yang membuat para fans EXO Indonesia makin senang adalah Sehun terfoto mengenakan sendal tersebut bukan hanya di Indonesia, tapi di Thailand dan Cina juga. Sehun tampak santai dan tidak malu menggunakan sendal itu, meski teman-temannya anggota EXO lain menggunakan sepatu bermerek dan mahal. memang tidak ada yang mengalahkan kenyamanan swallow, ya? :P

Sehun bukan Kpop Idol pertama yang mempopulerkan barang khas Indonesia. Nichkhun dari 2PM pernah selfie menggunakan kaos DAMN! I Love Indonesia, G Dragon dan Taeyang Bigbang juga pernah berpose dengan blangkon, suling dan batik khas Indonesia setelah mereka konser di Indonesia. sementara itu ada juga beberapa artis korea yang pernah menggunakan batik Indonesia. bangga kan rasanya melihat produk Indonesia disenangi di Korea?

sumber : emjeshop, artiskoreainfo

2. Encouragement Award di Kpop World Festival Award 2011

pada perhelatan Kpop World Festival Award tahun 2011 yang diselenggarakan oleh salah satu stasiun TV ternama Korea, KBS, empat orang laki-laki bermuka khas Indonesia mencuri perhatian penonton karena berhasil menarikan tarian dari lagu girl band SISTAR 'So Cool' dengan lemah gemulai, sampai membuat para anggota SISTAR sendiri terkagum-kagum. keempat lelaki ini adalah NYE BOYS, yang beberapa tahun sebelumnya pernah muncul di ajang Indonesia Mencari Bakat (IMB) menarikan lagu - lagu Kpop (sepertinya mereka memang spesialisasi menari Kpop).

Meski NYE BOYS tidak berhasil memenangkan grand prize pada ajang KPOP terbesar yang menampilkan 15 finalis perwakilan berbagai negara (setelah melalui proses seleksi mengalahkan ribuan peserta dari puluhan negara tentunya), tetapi NYE Boys sukses mendapat penghargaan Encouragement Award dan uang senilai 1.000.000 Won. prestasi yang hebat bukan? sedikit informasi, NYE BOYS bukan satu-satunya finalis dari Indonesia dalam ajang ini. seorang lagi adalah Patricia Agustin, yang menjadi semifinalis ajang tersebut.

sumber

1. Penyabet Grand Prize kategori Vokal di Kpop World Festival 2012

Masih pada ajang yang sama, setahun berikutnya Nadya dan Marwah, dua mahasiswi asli Indonesia sukses memukau juri dengan penampilan mereka membawakan lagu 'Ma Boy' dari SISTAR. Dari dua penghargaan bergengsi yang diberikan di Kpop World Festival (Grand Prize untuk kategori Performance dan Vokal), Nadya dan Marwah mendapatkan Grand Prize untuk kategori Vokal dan berhak membawa pulang uang senilai 10.000.000 Won.

Kemampuan vokal yang baik serta aransemen lagu yang dinyanyikan sedemikian cantiknya mampu membuat mereka masuk ke babak final dan memenangkan penghargaan bergengsi tersebut, mengalahkan finalis - finalis dari negara lain. Saking terpukaunya publik Korea Selatan terhadap penampilan mereka berdua, beberapa bulan kemudian Nadya dan Marwah bahkan diundang kembali oleh KBS untuk tampil di acara KBS Music Bank, sebuah music show yang biasa menampilkan Kpop Idols.

sumber: detik, wikipedia

0. Trainee SM entertainment, orang Indonesia?

Dalam daftar peringkat ini, berita berikut saya masukkan dalam peringkat 0 karena kebenaran beritanya masih belum terbukti, tapi lumayan menghebohkan. SM Entertainment, salah satu agensi yang telah menghasilkan banyak Kpop Idol terkenal seperti Super Junior, Shinee, TVXQ, SNSD dan EXO, baru-baru ini mengadakan global audition di Indonesia. menurut sumber terpercaya saya yang telah mengadakan riset mendalam (baca: seorang temen dekat yang merupakan fans fanatik Kpop), ada seorang lelaki muda asal Bandung yang berhasil lolos masuk dalam audisi ini, mengalahkan ribuan peserta lainnya dari berbagai negara dan telah berada di Korea untuk training sebelum debut bersama puluhan trainee SM lainnya. Wargi (Warga) Bandung ini diyakini memang sedang mengikuti training karena pernah bercerita di media sosial bahwa Ia lolos audisi, lalu beberapa bulan kemudian mengunggah fotonya sedang latihan menari bersama para trainee lain di salah satu ruang latihan SMEnt yang pernah muncul di video Kpop Idol sebelumnya. Keyakinan para fans kpop Indonesia makin bertambah saat foto tersebut langsung ia hapus dan akunnya dikunci (para trainee memang harus merahasiakan informasinya sebelum debut). benar atau tidak informasi ini, pastinya menarik sekali untuk ditunggu.

Demikian peringkat kecil-kecilan hasil pengamatan saya yang dapat saya gambarkan disini. ada tambahan lain? :D

Penulis adalah pemerhati Kpop yang saat ini menyukai boyband ZE:A
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook
READ NEXT
BACK TO TOP
5 Kuliner Unik di Jawa Timur
5 Kuliner Unik di Jawa Timur
Jawa Timur menyuguhkan bergama kuliner "maknyuss" dari makanan berat hingga kudapan ringan. Ragam kuliner tersebut tidak jarang memiliki keunikan nama, porsi, hingga cita rasa.
Aplikasi Karya Lulusan UNIKOM, Sahabat Orang Tua di Era Digital
Aplikasi Karya Lulusan UNIKOM, Sahabat Orang Tua di Era Digital
Ponsel pintar saat ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Sebab perangkat tersebut mampu mempermudah komunikasi sehari-hari. Namun ponsel pintar juga memiliki potensi negatif
Dua Tempat di Indonesia, World's Best Snorkeling Destinations
Dua Tempat di Indonesia, World's Best Snorkeling Destinations
Taman Nasional Komodo di NTT dan Raja Ampat di Papua Barat,   dinobatkan sebagai destinasi snorkeling terbaik dunia atau Worlds Best Snorkeling Destination berdasarkan survei
Makan Di Kantin Ini Cukup Bayar Pakai Sampah
Makan Di Kantin Ini Cukup Bayar Pakai Sampah
Masih ingat dengan Klinik Asuransi Sampah, dimana warga bisa menukarkan sampah sebagai alat bayar untuk berobat yang digagas oleh Dr. Gamal Albinsaid? Hal yang
Dalam Hitungan Bulan, Kalimantan Timur Segera Punya Sekolah Pilot. Di Kabupaten Mana Tepatnya?
Dalam Hitungan Bulan, Kalimantan Timur Segera Punya Sekolah Pilot. Di Kabupaten Mana Tepatnya?
Menjadi pilot masih dianggap cita-cita yang sangat tinggi bagi sebagian besar anak muda Indonesia. Selain karena memang bekerja di tempat yang tinggi alias terbang,
Perempuan Indonesia Terima Penghargaan Khusus Di Amerika
Perempuan Indonesia Terima Penghargaan Khusus Di Amerika
Dalam rangka memperingati International Women’s Day yang jatuh pada tanggal 8 Maret kemarin, kabar membanggakan datang dari negeri Paman Sam. Hani White, perempuan asal