Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar National Geographic? Pasti mengenai alam, fenomena sosial, dan tempat-tempat indah yang ada di bumi ini. Tetapi tahukah Anda jika majalah yang berasal dari Amerika Serikat yang sudah menerbitkan edisi Indonesia selama tujuh tahun ini memiliki tujuan yang lebih mulia dibandingkan sekadar menceritakan keindahan alam dalam setiap artikel yang ditulisnya?

Ya, tak hanya mendeskripsikan keindahan alam dan fenomena sosial yang ada di Indonesia, National Geographic Indonesia juga memiliki tujuan agar para pembacanya memiliki perhatian yang lebih tinggi terhadap objek tempat atau fenomena yang dibahas dalam artikel tersebut.

Seperti yang dikatakan Vega Probo, editor National Geographic Traveler Indonesia,”Kami menulis artikel dengan kalimat-kalimat kritis dan persuasif yang mengundang orang-orang yang membacanya untuk berbuat sesuatu terhadap objek atau fenomena yang kita bahas dalam artikel tersebut.”

“Harapan kami, ketika kami mendeskripsikan suatu keindahan alam, para pembaca menjadi tergugah untuk tidak hanya mengunjungi dan mengaguminya, tetapi juga menjaga keadaan alam tersebut agar tetap sama dengan yang kami deskripsikan di artikel (agar di masa depan keadaan alamnya sama indahnya dengan masa kini – red.),”lanjut Vega Probo.

“Ketika kita masuk ke bingkai kuning ini (simbol National Geographic – red.), semua alamnya milik kita bersama, milik bumi ini, termasuk alam Indonesia yang membentang luas ini. Jadi, haruslah kita memeliharanya bersama-sama,”tambah Didi Kaspi Kasim, pimpinan redaksi National Geographic Indonesia.

National Geographic Indonesia memberikan kabar baik bagi Indonesia bahwa mereka sebagai majalah saja memiliki tujuan untuk menghimbau semua orang agar menjaga alam Indonesia. Mari kita jaga bersama keindahan alam Indonesia ini!

Source:
Narasumber langsung

Tamar Naomi
Parahyangan Catholic University
International Relations Department
Bandung, West Java, Indonesia