kopiko

Saat itu saya sedang asyik – asyiknya tweeting ketika salah seorang teman saya ngetwit dia sedang minum kopiko coffee. Ini sangat mengejutkan saya, kenapa? Karena teman saya tersebut adalah orang Malaysia. Dengan penasaran saya bertanya padanya, benarkah di Malaysia ada kopiko? dia berkata benar, banyak sekali jenis kopiko disana.

Pada kesempatan lain, salah seorang teman saya yang mendapat beasiswa di Polandia, berkata bahwa dia menemukan kopiko di Polandia. Karena terlalu senang akibat berhasil menemukan merek Indonesia di negara yang dulu pernah berada di bawah kekuasaan Jerman ini, teman saya tersebut langsung kalap membeli kopiko satu kantong besar. Saya sampai tertawa mendengar ceritanya. Lucu melihat dia beli kopiko banyak – banyak di negeri orang, padahal di negeri sendiri dia jarang beli permen tersebut. Tapi yah, ini hanya sedikit cerita menarik mengenai bagaimana merek Indonesia dapat dikenal di negara orang.

Banyak yang belum tahu bahwa Kopiko hanyalah satu dari banyak merek asli Indonesia yang telah mendunia. Kopiko merupakan salah satu merek produksi PT Mayora Indah Tbk. Perusahaan ini pertama kali berdiri tahun 1977, dan telah bertumbuh menjadi sangat besar sekarang.

Seperti yang kita ketahui, PT Mayora Indah Tbk tidak hanya memproduksi Kopiko, tapi juga memproduksi lima macam produk lainnya. Apa sajakah itu? Berikut daftar dan mereknya.
1. Biskuit: Roma, Better, Slai O Lai, dan Danisa
2. Permen: Kopiko, Kis, Tamarin, dan Plonk
3. Wafer: Beng Beng, Astor, dan Roma
4. Coklat: Choki Choki, dan Danisa
5. Makanan sehat: Energen
6. Kopi: Torabika

Karena permintaan pasar yang semakin meninggi, PT Mayora Indah Tbk melakukan go public melalui Initial Public Offering (IPO) tahun 1990. Salah satu kesuksesannya ditandai dengan berdirinya pabrik – pabrik PT Mayora Indah Tbk di Surabaya, Bekasi dan Tangerang, yang mempekerjakan lebih dari 5.300 pekerja.

Didukung oleh jaringan distribusi yang luas dan kuat, produk – produk dari PT Mayora Indah Tbk sekarang tersedia di seluruh Indonesia, dan dapat pula ditemukan di berbagai negara di dunia seperti Malaysia, Thailand, Philippines, Vietnam, Singapore, Hong Kong, Saudi Arabia, Australia, Afrika, Amerika, Polandia dan Italia.

Jadi, berbanggalah selalu dengan produk Indonesia. Tidak pernah menyangka kan, produk-produk tersebut ternyata lebih mendunia daripada yang kita kira?

Written on Good News From Indonesia by Farah Fitriani